Amankah Terminal Purabaya atau Bungurasih di Malam Hari?

Sebagai terminal bus antar kota dan propinsi terbesar di pulau Jawa bagian timur terminal Purabaya atau lebih dikenal dengan terminal Bungurasih selalu rama setiap harinya dipadati oleh penumpang baik yang baru saja datang maupun hendak pergi dengan menggunakan bus dalam dan luar kota.

Puluhan ribu penumpang setiap harinya hilir mudik memenuhi terminal yang berbatasan langsung dengan Surabaya yakni bunderan Waru sebagai pemisahnya. Belum lagi jika saat akhir pekan dan saat libur seperti Lebaran, Natal dan tahun baru penumpang akan melonjak hingga berkali kali lipat dari hari hari biasa.

Saya sendiri hanya menjadikan terminal ini sebagai transit saja baik itu jika saya hendak ke bandara Juanda maupun balik lagi ke rumah di daerah Bypass Krian Sidoarjo. Seringkali saya transit di terminal ini jika naik kereta dari stasiun Pasar Turi tiba sekitar jam setengah 2 malam, kondisi terminal memang lengang dan sepi. 

Saya sendiri kurang tahu kondisi di dalam area terminal karena saya memilih menunggu bis di pintu keluar terminal Bungurasih yang kebetulan berhadap hadapan atau berseberangan dengan stasiun Waru, sebuah stasiun kecil yang hanya melayani naik turun penumpang kereta api lokal Surabaya Sidoarjo dan Porong.

Kondisi di pintu keluar terminal saat malam hari sangat aman kalau saya boeh bilang, memang banyak calo calo bis yang bertanya kepada penumpang yang menunggu disitu, namun kalau kita cuek dan diam saja mereka juga tidak akan mengganggu. Bus bus seperti Sumber Selamat, Sugeng Rahayu dan Mira dengan tujuan Jombang, Nganjuk, Ngawi, Solo dan Jogja adalah bus yang seringkali muncul dengan selisih waktu yang rapat sedangkan bus bus seperti Harapan Jaya, Pelita Indah saat dini hari waktu keberangkatan agak lama mungkin berselang satu jam. 

Satu hal lagi kenapa daerah situ relatif aman, karena banyak warung warung makanan di sekitarnya. Semisal warung kopi, mie dan nasi goreng, serta soto ayam. Anda tidak perlu khawatir kelaparan saat menunggu bus yang hendak anda naiki lewat. Jadi tidak usah khawatir jika ingin berangkat dan tiba di terminal Bungurasih saat malam hari karena kondisi keamanannya bisa dibilang terjamin. Namun anda harus tetap berhati-hati dan waspada agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

1 comment: