Sekilas Tentang Stasiun Surabaya Pasar Turi


Stasiun ini berstatus stasiun besar, dan merupakan jalur keberangkatan kereta api dari Surabaya ke arah Utara menuju Semarang dan Jakarta melewati Lamongan, Babat, Bojonegoro dan Cepu. Stasiun dengan kode SBI ini memiliki ketinggian hanya +1 m yang artinya berada pada ketinggian 1 meter dari permukaan air laut.

Stasiun Surabaya Pasar Turi berada di daerah Gundih atau di dekat jalan Semarang, yang terkenal dengan kios buku buku bekasnya di sebelah timur dan mebel mebel lokal di sisi timurnya. Lokasinya dekat dengan pusat perkulakan Pusat Grosir Surabaya dan Pasar Turi Baru.

Kereta yang berangkat dari stasiun ini antara lain, KA Kertajaya, KA Gumarang, KA Sembrani, KA Argo Bromo Anggrek Pagi dan Malam, KA Maharani, serta KA lokal lainnya. Dengan jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta yang ada stasiun ini hampir bisa saya katakan beroperasi 24 jam.

Anda yang dari luar kota hendak berangkat dari Stasiun Surabaya Pasar Turi dapat memakai angkutan umum dari Terminal Bungurasih dengan menaiki bus Patas P5 yang langsung naik Tol dan turun di exit tol Demak Pasar Turi sedangkan bus kota reguler akan melintasi tengah kota Surabaya. Waktu tempuh kira kira 30 menit jika naik bus Patas P5 sedangkan jika naik bus kota reguler bisa jadi 1 jam tergantung kondisi lalu lintas.

0 comments:

Post a Comment