Kuliner Unik di Surabaya "Lontong Balap"




Bagi anda yang baru pertama kali datang ke kota Pahlawan tidak ada salahnya berwisata kuliner. Sebenarnya banyak kuliner yang bisa anda cicipi di kota yang terkenal dengan taman taman cantiknya ini. Seperti halnya bebek goreng baik itu bebek HT, Sinjay, Purnama, dll kemudian Semanggi Suroboyo, nasi campur, lontong balap, kupang lontong, rawon setan dll.

Kali ini akan dibahas satu kuliner yakni lontong balap. Makanan ini bisa dibilang sangat sederhana yakni, berupa kupat atau lontong, tauge atau kecambah yang disayur, irisan tahu goreng dan yang khas yakni lentho. Lentho terbuat dari campuran tepung dan singkong, dan kelapa yang ditambah kacang beras diatasnya. Sekilasi mirip combro atau misro bentuknya namun agak sedikit lebih keras rasanya.

Lontong balap dalam penyajiannya biasa disiapkan bumbu dasarnya yakni bawang putih goreng, sambal petis kemudian diulek sebentar dengan menggunakan sendok, baru kuah dan kecambah dimasukkan lalu diberi irisan tahu goreng dan lentho.

Makanan ini biasa disajikan dengan sate kerang lengkap dengan bumbu atau sambal petisnya. Satu lagi yang tidak ketinggalan adalah minuman pendamping berupa es degan atau es kelapa muda. Ciri khas dari penjual lontong balap ini adalah panci yang digunakan untuk wadah kuah dan taugenya adalah panci "Blirik" besar yang menggantikan fungsi kuali dari tanah liat.

Harga makanan yang satu ini cukup murah, normalnya satu porsi lontong balap dengan sate kerang 2 tusuk dihargai 12 ribu rupiah saja sedangkan es kelapa muda biasanya 4 ribu rupiah saja. Anda tertarik mencicipinya???

0 comments:

Post a Comment