Sekilas Melintas di Stasiun Cepu



Saya baru NGEHHH dan yakin bahwa sebenarnya Cepu ternyata berada di wilayah propinsi Jawa Tengah bukannya di Jawa Timur. Hal ini saya dapatkan setelah mencari cari informasi di Internet, secara geografis Cepu masih berada di wilayah kabupaten Blora dan berbatasan dengan Jawa Timur. Cepu sendiri identik dengan pertambangan minyak dan gas. Ekonomi di daerah yang berstatus kecamatan ini berkembang dengan pesat karena adanya industri ini.

Kereta kereta dari jalur Utara baik dari dan ke arah Jakarta berhenti dan melintas di Stasiun Cepu ini, tidak kurang 8 kereta api berbagai kelas lewat stasiun ini. Dari stasiun Cepu ke arah Surabaya tidak lebih hanya membutuhkan waktu 3 jam saja. Dulu sebelum double track selesai dibangun, KA Kertajaya berhenti agak lama untuk bersimpangan dengan kereta lainnya disini.

Sejenak penumpang keluar dari kereta untuk melepas penat perjalanan jauh, atau sekedar merokok bahkan membeli nasi pecel dimana saat itu pedagang masih ada yang menjajakan dagangannya dari balik tembok stasiun. Kini wilayah stasiun telah steril dari para pedagang asongan dan kereta Kertajaya hanya berhenti sejenak untuk menaik turunkan penumpang saja.

Kereta Kertajaya selalu berhenti di jalur 3, dengan keterbatasan panjang apron stasiun maka penumpang yang berada di gerbong belakang harus turun dengan meloncat dari gerbong kereta, jika hendak berada di wilayah yang pas apron sebaiknya di gerbong pertengahan semisal gerbong 4, 5 dan 6.

Desain dan konstruksi stasiun Cepu mirip mirip seperti stasiun di pulau Jawa kebanyakan, tidak banyak renovasi yang dilakukan di stasiun kelas 1 ini karena sekilas saya lihat bangunannya cukup terawat dengan baik.

Kereta yang berhenti di stasiun ini antara lain KA Jayabaya, KAnGumarang, KA Sembrani, KA Gumarang, KA Harina, KA Maharani, KA Blora Jaya Express dan KA Cepu Express satu satunya kereta dari Surabaya atau Jakarta yang tidak berhenti di stasiun ini adalah KA Argo Bromo Anggrek.

Semenjak 21 Juli 2016 di stasiun ini telah diberlakukan sistem Check in dan Boarding seperti halnya saat kita naik pesawat di bandara.

0 comments:

Post a Comment