Sekilas Melintas di Stasiun Ngrombo



Stasiun ini sebenarnya bukan stasiun baru namun diantara semua stasiun di jalur kereta lintas Utara stasiun inilah yang mengalami perubahan dan perombakan besar besaran sehingga bisa dibilang dibangun ulang dengan memakan biaya sekitar 20 milyar rupiah.

Stasiun dengan ketinggian +38 meter diatas permukaan laut ini terletak di jalan raya Purwodadi Solo sejatinya berada di kabupaten Grobogan dan berada dalam wilayah DAOP IV Semarang. Anehnya stasiun yang menurut saya ini besar justru hanya berkelas II atau sedang.

Kalau dari arah Semarang hendak ke Surabaya kita akan tiba di stasiun Ngrombo ini kurang lebih 45 menit kemudian, hanya kereta Argo Bromo Anggrek dan KA Sembrani yang tidak berhenti di stasiun ini. Ini berarti stasiun Ngrombo sangat sibuk setiap hari dengan keberangkatan dan kedatangan kereta api.

Kereta kereta yang  berhenti di stasiun ini antara lain, KA Gumarang, KA Harina, KA Jayabaya, KA Maharani, KA Kertajaya, dan KA Blora Jaya Ekspress.

Kereta api Kertajaya yang menjadi andalan saya selama kurun waktu 2 tahun terakhir berhenti di stasiun ini untuk menaik turunkan penumpang. Seringkali saya turun sebentar sekedar melurukan kaki dan merokok sambil melihat lihat situasi stasiun ini, bangunan barunya indah dan kokoh mudah mudahan bisa dirawat dengan baik sehingga kelak bisa bermanfaat untuk anak cucu kita.

0 comments:

Post a Comment