Sekilas Melintas di Bandara Ahmad Yani Semarang



Salah satu dari 2 buah Bandar udara yang dimiliki oleh propinsi Jawa Tengah adalah bandara Ahmad Yani di kota Semarang. Tersemat sebagai Bandara Internasional sebenarnya kurang layak menurut saya, seperti halnya bandara Adi Sutjipto di Yogyakarta. Dengan landasan pacu yang pendek dan apron mungkin hanya mampu menampung 5 buah pesawat saja harusnya pemerintah daerah segera memikirkan alternatif bandara yang baru.

Begitu turun dari pesawat saya segera menyadari betapa kecilnya bandara ini jika dibandingkan dengan jumlah calon penumpang. Terminal kedatangannya sangat kecil dan jelek menurut saya, masih jauh lebih bagus di kota Solo, mencari toilet bukan juga perkara yang mudah, letaknya “tersembunyi” di arah jalan pintu keluar gerbang kedatangan penumpang. Hanya dua bilik kamar kecil dan 3 buah urinoir saya pikir tidak mampu menampung penumpang yang akan buang hajat.

Begitu juga dengan saat keluar, hiruk pikuk suara orang baik penjemput, calon penumpang, sopir taxi bandara dll berderet penuh sesak di depan pintu kedatangan. Menunggu mobil jemputan terasa tidak nyaman, menggunakan taxi bandara dengan tarif area juga kurang menguntungkan bagi penumpang. Alternatif lainnya adalah menggunakan taxi argo yang baru menurunkan penumpang ya walaupun agak beresiko.

Kita bisa juga memesan taxi aplikasi di sekitar Bandara karena Gocar dan Uber telah beroperasi di kota Lumpia ini, satu lagi jika budget anda cekak bisa pula pesan ojek online. Namun anda harus berjalan keluar terlebih dahulu kira kira 200 meter dan menunggu di halte BRT. Anda jalan keluar dari gapura keluar bandara terus lurus menyeberangi rel kereta api dan sekitar 50 setelah rel kereta akan ada halte BRT Semarang (seperti busway di Jakarta). Anda tunggu saja disitu kalo membuat pemesanan ojek online karena tidak ada pengemudi ojek yang mau masuk ke dalam area bandara.

Dari bandara Ahmad Yani ke terminal Terboyo mungkin hanya menghabiskan dana sekitar 16 ribu rupiah jika naik ojek online ini, jika anda naik taxi bandara bisa kena 120 ribu rupiah sedang taxi argo sekitar 60 ribu rupiah.

0 comments:

Post a Comment