Sekilas Cara Check In dan Boarding Pass Tiket Kereta Api


Agaknya beberapa tahun terakhir ini PT KAI tidak mau berhenti berinovasi dalam semua lini dan aspek pelayanannya. Berbagai kemudahan diberikan kepada calon pelanggan atau penumpang kereta api, tiket sekarang dapat dengan mudah didapat dimana mana dan kapan saja tanpa harus datang ke stasiun. Cukup lewat gadget yang kita miliki semua dapat dilakukan, pemesanan tiket dan pembayarannya semua dapat dilakukan secara mobile.

Inovasi terakhirnya yakni adanya sistem check in dan boarding pass bagi calon penumpang kereta seperti halnya pada penerbangan. Dimana calon penumpang selain mendapatkan tiket resmi kereta bisa juga hanya berbekal kode booking kemudian melakukan proses check in dan mencetak sendiri tiket boarding pass.

Tiket boarding pass inilah nantinya yang akan diperiksa oleh petugas di pintu keberangkatan stasiun dan bukan tiket kereta seperti biasanya. Syarat melakukan check ini adalah :
Boarding pass tiket kereta api

1. Penumpang telah mendapatkan kode booking pemesanan tiket kereta api
2. Check in bisa dilakukan minimal 10 jam sampai 30 menit sebelum kereta berangkat
3. Check in hanya bisa dilakukan di stasiun tempat awal keberangkatan kereta api, misalnya anda hendak pergi ke Jakarta lewat stasiun Gubeng anda tidak bisa melakukan check in di stasiun Pasar Turi (tiket anda bisa bisa dianggap hangus)
4. Tiket boarding pass bisa dibilang adalah hasil print out setelah kita melakukan proses check in di mesin CIM (Check In Mandiri), sebenarnya mesin ini adalah sama dengan mesin CTM (Cetak Tiket Mandiri) yang telah ada di stasiun stasiun besar.
5. Pada saat boarding atau masuk ke pintu keberangkatan stasiun tunjukkan tiket cetakan atau boarding pass anda kepada petugas dengan menyertakan Kartu Identitas sesuai dengan apa yang anda gunakan untuk melakukan pemesanan tiket.

Sistem ini diberlakukan hampir di semua stasiun kelas besar saat ini dengan pertimbangan bisa mengurangi angka percaloan atau beredarnya tiket tiket kereta palsu. Jadi, siapkan semua yang diperlakukan untuk mempermudah perjalanan anda dengan kereta api. Datang lebih awal lebih baik agar bisa melakukan proses yang telah seperti ketentuan diatas.

0 comments:

Post a Comment