Sekilas Melintas di Stasiun Krian



Mungkin banyak orang yang kurang tahu bahwa di daerah Krian terdapat stasiun kereta api, letaknya memang agak “nyelempit” atau terpencil dari jalan besar. Terletak dekat pasar baru Krian kurang lebih 200 meter dari jalan raya Krian Mojokerto stasiun ini berada dalam wilayah DAOP VIII Surabaya dengan status stasiun kelas 3 atau kecil.

Daerah di sekitar stasiun ini memang terkenal “hitam” namun setelah pasar hewan Krian dibongkar dan diubah fungsi menjadi taman kota, sedikit banyak wajahnya sekarang berubah. Tidak banyak yang bisa dilihat dan dilakukan di stasiun ini karena kecil statusnya.

Stasiun ini tidak lagi melayani printing atau tiket cetak kereta , pembatalan serta mengubah jadwal tiket, dan pembelian kereta jarak jauh. Stasiun ini hanya melayani pembelian tiket kereta jarak dekat seperti KA Rapih Dhoho dan KRD Kertosono.

Kereta yang berhenti di stasiun ini hanyalah KA Rapih Dhoho dan KRD Kertosono dengan jadwal paling pagi yakni KA Rapih Dhoho dengan jadwal keberangkatan 05.11 pagi disusul dengan KRD Kertosono pada jam 06.20 pagi. Kereta ini memiliki tujuan Kertosono dan untuk Rapih Dhoho akan tersambung hingga Blitar.

Stasiun dengan ketinggian 12 meter DPL ini memiliki 5 jalur kereta namun hanya 2 saja yang aktif digunakan yakni jalur 2 dan 3.

Jadi bila anda tinggal di sekitar daerah Krian tidak ada salahnya mengajak putra putri anda ke stasiun ini walaupun hanya sekedar berkunjung dan menyaksikan kereta yang berhenti dan melintas. Salam 35 dan salam teko sepur dadi sedulur.

0 comments:

Post a Comment