Sekilas Melintas di Stasiun Tegal



Teringat kembali 3 tahun yang lalu karena tidak kebagian tiket kereta dari Tegal ke Jakarta dengan jadwal keberangkatan yang agak sore, akhirnya saya hanya bisa dapatkan kereta dengan keberangkatan jam 11 malam saat itu.

Menunggu sejak pukul 3 sore hari ke jam 11 malam bukanlah waktu yang singkat, apalagi tidak ada persiapan sebelumnya. Untung saja stasiun ini terletak sangat dekat dengan lokasi keramaian kota Tegal. Kota yang menurut saya sangat kecil, seingat saya waktu itu hanya ada satu saja Mall yang dibangun di tengah kota.

Dekat dengan stasiun terdapat alun alun utama kota Tegal dimana banyak terdapat pedagang kaki lima yang berjualan, mulai dari makanan, hingga kebutuhan lainnya. Kebanyakan mereka berjualan makanan seperti mie ayam, bakso, teh poci, nasi dan mie goreng. Jadi anda tidak perlu kelaparan dan bisa mencuci mata di sekitar wilayah stasiun jika jadwal keberangkatan kereta anda masih cukup lama.

Semua kereta kelas ekonomi yang melalui jalur utara pasti berhenti di stasiun ini, jika anda naik kereta Kertajaya dari Jakarta yang berangkat jam 2 siang, maka menjelang jam 6 sore kereta sudah akan tiba di stasiun ini.

Stasiun ini memiliki ruang tunggu dalam yang tidak terlalu panjang begitu juga ruang tunggu luarnya. Padahal secara kelas termasuk stasiun besar, stasiun ini terletak di sebelah paling barat dan selatan dari DAOP IV Semarang. Satu satunya kereta api yang tidak berhenti dan berjalan langsung di stasiun ini adalah KA Argo Bromo Anggrek.  

0 comments:

Post a Comment