Sekilas Menikmati Kuliner Khas Surabaya dan Sidoarjo “Kupang Lontong”



Agaknya makanan atau kuliner tradisional memang mulai tersisihkan dengan serbuan kuliner asing. Entah apa karena lidah atau karakter orang Indonesia yang latah, orang lebih suka steak daripada rendang, tom yam daripada asem asem bandeng, dll.

Padahal menurut saya jika digali lebih dalam dan dilestarikan banyak sekali kuliner tradisional yang enak dan menarik untuk disajikan. Hanya saja memang kuliner lokal kalah dalam hal kemasannya saja. Jika anda sekedar mampir atau berkunjung ke kota Surabaya dan sekitarnya termasuk Sidoarjo tak ada salahnya berburu kuliner yang satu ini.

Keberadaannya sudah sangat jarang sekali ditemui saat ini di Surabaya kecuali di daerah daerah tertentu seperti kawasan pantai hiburan pantai Kenjeran dan wilayah sekitarnya serta di Sidoarjo yakni jalan yang mengarah ke Tanggulangin.

Dulu sekitar tahun 1990 sampai awal tahun 2000an masih bisa saya jumpai penjual lontong kupang keliling ini. Dengan kuali yang digotong kanan dan kiri penjual yang kebanyakan kaum Adam ini berkeliling kampung menjajakan makanan ini. Sekarang saya tidak menjumpainya lagi.

Kupang lontong adalah makanan yang berbahan baku utama KUPANG yakni sejenis binatang laut dengan cangkang halus. Keberadaan makhluk ini biasanya didapati di hulu sungai yang akan mengarah ke laut. Entah bagaimana cara mendapatkannya, yang pernah saya lihat cara menangkapnya adalah di sungai dekat daerah Mulyosari dekat dengan Universitas Airlangga fakultas Keguruan. Nelayan menangkapnya dengan menggunakan serok dari bambu, biasanya makhluk ini hidup bergerombol di tepian sungai.

Cara penyajiannya adalah kupang yang telah dimasak disajikan dengan campuran petis dan sambal sebagai bumbunya. Rasanya gurih gurih manis. Namun bagi yang pertama mengetahui rasa petis memang agak aneh. Biasanya kupang lontong ini disajikan juga dengan sate kerang sebagai pelengkap. Maklum kupang sendiri hampir tidak berasa karena kecil dan lembut bentuknya seperti nasi atau gandum besarnya.

Selain sate kerang tentu saja didampingi dengan es kelapa muda sebagai minuman pelengkapnya, kelapa muda dipercaya sebagai obat atau penawar alergi bagi yang tidak tawar dengan makanan laut ini. Harga dari kupang lontong ini bervariasi mulai dari 8 ribu sampai 12 ribu rupiah lengkap dengan 2 tusuk sate kerang kecil.

0 comments:

Post a Comment