Sejenak Menikmati Lezatnya Sajian Khas Ayam Taliwang di Gianyar Bali


Mungkin sudah 3 atau 4 kali saya berkunjung di RM Taliwang di daerah Gianyar ini, saya tidak terlalu hafal jalannya namun dari informasi yang saya dapat di internet alamat kedai makan ini adalah di No., Jl. Astina Timur No.10, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80512. Seingat saya posisinya dengan jalan menanjak di sisi sebelah kanan jalan jika dari kota Gianyar.

Tempat makan yang satu ini nyaris tidak pernah sepi dari pengunjung saat saat jam makan siang. Di ruang makan utama terdapat dua pilihan cara makan yakni duduk di kursi atau dengan lesehan di bale bale. Sedangkan di luar juga ada joglo yang diberi dengan meja dan kursi untuk pengunjung yang ingin menikmati udara bebas. Namun sayang tempat yang berada di luar tersebut diatasnya terdapat sangkar sangkar burung mungkin milik pemilik rumah makan tersebut, sehingga pengunjung mungkin agak kurang nyaman bila makan di tempat tersebut.



Dapur atau tempat pemanggangan ayam terletak disisi luar sebelah kiri sehingga pengunjung tidak terkena asap dari ayam yang dipanggang. Sajian utama adalah ayam bakar khas Taliwang namun ada juga yang digoreng, saya belum sempat mencicipi yang goreng serta sayuran pendamping yakni plecing kangkung khas Lombok.

Tidak menunggu lama jika pengunjung agak sepi biasanya sekitar 5 sampai 10 menit makan sajian khas Lombok tersebut akan siap dihadapan kita. Satu porsi ayam taliwang berukuran kecil mungkin ayam yang dipakai memang berukuran kecil atau masih muda saya kurang tahu lengkap dengan sambal yang disajikan dalam piring kecil terpisah. Dan tentu saja satu porsi kecil plecing kangkung yang segar.
 
Keistimewaan dari rumah makan ayam Taliwang di Gianyar ini adalah pada bahan baku ayamnya yang segar dan kelihatannya memakai ayam kampung karena kelihatan tidak berlemak. Sambalnya pun khas dan unik saya kurang tahu termasuk jenis sambal apa. Ditambah dengan plecing kangkung yang ternyata didalamnya ditambahkan juga kecambah atau toge panjang serta kacang tanah dan tentu saja irisan jeruk sambal.

Secara keseluruhan saya puas dengan menu menu istimewa dari rumah makan ini, dan bagi anda yang berwisata di pulau Dewata tidak ada salahnya mampir di kedai yang berada di daerah Gianyar ini.

0 comments:

Post a Comment