Sekilas Melintas dari Surabaya ke Stasiun Nganjuk dan sebaliknya




Sempat beberapa kali saya terpaksa naik dan turun kereta dari stasiun Nganjuk karena tidak kebagian tiket kereta api dengan tujuan kembali ke Surabaya dan yang berangkat menuju ke Jakarta. Maklum saja untuk menghemat ongkos saya harus memilih kereta api kelas ekonomi ataupun kalau terpaksa kelas bisnis.


Stasiun Nganjuk yang terletak di Jl. P. Sudirman, Mangun Dikaran, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur 64419 termasuk stasiun kelas I. Namun pada kenyataannya hanyalah sebuah stasiun kecil dengan ruang tunggu di luar peron yang kecil dan di peron dalamnya hanya memiliki beberapa bangku tunggu saja.


Seringkali saya menunggu jadwal keberangkatan kereta di luar stasiun, dimana banyak terdapat warung warung kopi dan kedai makan sehingga kita bisa sedikit rileks dan santai daripada berdesakan desakan dengan penumpang lain di ruang tunggu.


Seingat saya pertama kali sampai di stasiun ini sewaktu naik kereta api Matarmaja, karena takut kebablasan terbawa kereta api sampai ke Malang akhirnya saya turun di Nganjuk. Untuk melanjutkan perjalanan kembali ke Surabaya dari stasiun Nganjuk sangatlah mudah karena anda tinggal turun saja dan menyeberang ke sisi jalan depan stasiun lalu tunggu saja bus yang lewat dan mengarah ke Surabaya. 


Namun yang menjadi masalah bus yang lewat persis di depan stasiun Nganjuk adalah bus kelas Patas yakni bus EKA dengan tarif terakhir 2016 dari Nganjuk ke Surabaya sebesar 37 ribu rupiah. Sedangkan bus bus kelas AC ekonomi seperti Mira, Sumber Selamat dan Sugeng Rahayu sepertinya tidak melewati jalur depan stasiun ini. 


Kalau dari arah Surabaya sendiri jika kita hendak ke stasiun ini kalau kita naik bus ekonomi dari terminal Bungurasih maka bilang saja ke kondektur bus bahwa kita hendak ke stasiun, karena bus tidak akan berhenti tepat di depan stasiun. Setelah bus melewati daerah Baron lebih baik kita bersiap siap menuju ke depan atau ke belakang bus mendekati kernet atau kondektur dan bilang bahwa kita akan menuju ke stasiun.


Bus akan berhenti di perempatan Nganjuk Lama atau Baru saya lupa persisnya, dari situ anda tidak sulit menjumpai becak atau ojek yang siap mengantar anda ke stasiun Nganjuk. Ongkos yang biasa saya berikan adalah 10 sampai dengan 15 ribu rupiah. 


Apabila kita naik bus patas dari Surabaya ke Nganjuk seingat saya bus akan persis lewat depan stasiun, sehingga anda tidak perlu oper lagi menggunakan becak atau ojek untuk menuju ke sana.

Sejak bulan Agustus 2016 stasiun ini telah memberlakukan sistem check in dan boarding pass bagi para calon penumpang kereta api yang hendak berangkat. Kereta api yang tidak berhenti di stasiun ini antara lain, KA Argo Wilis, Gajayana, Krakatau dan Gaya Baru Malam Selatan.

0 comments:

Post a Comment