SEKILAS MENGENAL PO RESTU “PANDA”



Dulunya saya hanya menjumpai bus ini di rute Surabaya-Malang-Blitar PP. Namun sekarang saya juga menjumpai kala melintas di bypass Krian Sidoarjo dan terlihat jelas tulisan rutenya yakni Surabaya-Ponorogo. Bus berwarna hijau ini mudah dikenali karena dengan gambar PANDA di lambung kanan kirinya. Ya, itulah PO Restu yang kini lebih dikenal dengan RESTU PANDA.

PO ini memiliki kantor di Jl Sumberwuni 221, Kalirejo, Lawang, Malang 0341-426489 namun kalau saya tidak salah juga memiliki garasi atau pool di daerah Gilang Sidoarjo dekat dengan garasi PO EKA-MIRA.

Beberapa rute yang dilayani oleh bus ini dari Terminal Bungurasih adalah Malang, Jember, Probolinggo, Blitar, Banyuwangi, Madiun dan Ponorogo. Saya sendiri hanya sempat sekali atau dua kali naik bus ini dari bypass Krian dengan tujuan Terminal Bungurasih. Tarif yang dikenakan sesuai dengan aturan dari Dishub yakni 4 ribu rupiah.

Namun ada satu hal yang menarik ternyata bus bergambar PANDA dengan background warna hijau ini tidak mutlak milik PO RESTU saja akan tetapi dari sumber yang ada dan saya lihat sendiri di lapangan, untuk jurusan Surabaya-Madiun-Ponorogo ada bus dengan gambar yang sama namun bukan binatang Panda melainkan beruang ternyata milik dari PO CENDANA. Agak sulit membedakan bus dari kedua PO ini jika tidak kita perhatikan dengan seksama namun untuk PO CENDANA tidak ada tulisan RESTU dan tulisan PO Cendana juga tidak begitu jelas terdapat di posisi samping depan.

Agar berhati-hati saat anda tidak sengaja naik bus dengan gambar mirip PANDA yang sebenarnya  adalah beruang dengan trayek Surabaya-Ponorogo dari berbagai sumber mengatakan bahwa tarif bus ini tidak transparan dan juga awak bus yang tidak ramah.


Berikut adalah tarif PO RESTU “PANDA” tahun 2016:

Surabaya – Malang
Patas: Rp 25.000, AC tarif biasa Rp 15.000

Surabaya – Madiun
Patas: Rp 40.000, AC tarif biasa Rp 22.000

Surabaya – Ponorogo
Patas: Rp 50.000, AC tarif biasa Rp 26.000

Surabaya – Blitar Rp 32.000
Surabaya – Lumajang Rp 27.000
Surabaya – Jember Rp 34.000
Blitar – Malang Rp 17.000

Surabaya – Semarang
Patas: Rp 90.000, AC tarif biasa Rp 58.000

10 comments:

  1. Beberapa menit yang lalu bus restu panda dengan enaknya nyenggol spion mobil saya dan kabur begitu aja, sumpah yaa saya bener2 emosi liat betapa liar nya bus ini dijalan rayaa... kejadiannya didaerah mojokerto..
    Benci bangetttt sama bus ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh yang sabar Mbak, beneran tuh bus Restu yang nyenggol mobilnya? Karena ada bus lain yang bodi busnya juga bergambar Panda. Memang harus sabar sabarnya kita pengemudi kendaraan pribadi sama kelakuan "oknum" sopir bus yang ngawur dalam mengemudi.

      Delete
  2. Probolinggo - Surabaya kelas ekonomi 25000. Gila kondekturnya

    ReplyDelete
  3. Mohon barang saya tertinggal di bawah kursi bus PO restu panda. Tadi naik dari terminal arjosari tujuan teminal bungurasih. Berangkat pukul 16.00 dari terminal arjosari.. dengan ciri2 pintu ada tali ya.. bisa di titipkan di PO restu panda. No. WA SAYA 085252943440

    ReplyDelete
  4. Maaf.. Yg punya bus restu panda ini siapa ya? Saya mau tau dan saya mau komplain juga.. Karna yang tidak berkualitas bukan bus nya.. Tp ada sopir yang "tidak punya otak" di jalan Raya.. Kalau memang bisa ngobrol langsung ke ownernya juga gpp.. Biar pelayanan bus restu panda bisa lbh baik dan tidak merugikan org lain..

    ReplyDelete
  5. cendana setau ane gambar beruang deh...bukan panda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas koreksi nya Gan, mirip mirip soalnya.

      Delete
  6. Cendana pake beruang min. Garasi Sidoarjo untuk Sinar mandiri min.

    ReplyDelete
  7. Saya ingin komplain kepada pengurus bus Restu yang mobil nya di pergunakan untuk jemputan karyawan pabrik PT.PRATama abadi Tangerang

    ReplyDelete
  8. Mohon bantuan nya barang saya tertinggal di bagasi
    bus PO restu panda patas. Tadi naik dari terminal bungurasih tujuan teminal madiun. Berangkat pukul 06.45 dari terminal bungurasih.. #dua tas satu warna hitam yg satu hijau. Mohon info 085707444116/0856-0736-1000

    ReplyDelete