SEKILAS MENGENAL BUS JAYA SURABAYA - PONOROGO



Kebetulan anak bungsu saya memiliki hobi yang agak unik yakni hampir setiap hari minta diajak melihat lalu lalang kendaraan bermotor di depan perumahan saya daerah Bypass Krian Sidoarjo. Karena menjadi jalan utama lalu lintas kendaraan antar kota berbagai macam bus yang melintas sering saya abadikan saat melewati jalan tersebut.

Salah satu diantara banyak bus yang menarik perhatian saya adalah PO JAYA, yakni bus yang melayani rute Surabaya ke Ponorogo dan sebaliknya. Dan dari sumber di internet ada perusahaan otobus ini terbagi menjadi dua yakni PO JAYA Kuning dan PO JAYA Putih.


Kedua bus dari masing masing PO yang tersebut dengan mudah dibedakan karena pada PO  JAYA Kuning bus yang dipakai bercorak catur di samping bodi depan serta samping dan juga angka 46 yang mencolok, sedangkan PO JAYA Putih memakai gambar REOG Ponorogo dan gajah sebagai ciri khasnya.

Perusahaan ini memiliki kantor di Jl. Jend Sudirman komp Ruko Barat Prempatan Jetis 50m, Kec. Ponorogo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 63419 dengan no telepon 0877-5880-2958. Persaingan di jalur Surabaya Ponorogo ini setahu saya adalah PO Jaya, PO Restu, PO Menggala dan PO Cendana. Namun dilihat dari lalu lalang bus yang melintas nampaknya bus bus dari PO Jaya yang mendominasi jalur ini.

Saya sendiri seringkali naik bus ini untuk jarak dekat yakni dari Bypass Krian Sidoarjo ke Terminal Bungurasih dan sebaliknya. Ongkos dari jarak dekat ini adalah empat ribu rupiah, namun sayang kadang kalo kita tidak member kondektur uang pas maka uang kembalian jarang kita dapatkan. Mengenai armada yang dipakai, bus ini memakai bus bus yang relatif baru dengan kondisi bus yang nyaman karena sudah memakai pendingin udara walaupun dengan tarif ekonomi. Interior dalam bus pun terawat begitu juga dengan mesin bus yang bersuara senyap dan tidak berisik.

Saya sendiri tidak banyak mendapatkan informasi mengenai tarif dan jadwal bus Jaya Surabaya Ponorogo ini, namun tarif pasti dari Surabaya ke Ponorogo adalah 26 ribu rupiah. Dengan beberapa daerah yang dilewati adalah Surabaya-Krian-Mojokerto-Mojoagung-Jombang-Kertosono-Nganjuk-Madiun dan terakhir Ponorogo. Sedangkan jadwal keberangkatan saya pikir hampir setiap jam bus ini berangkat dari terminal Bungurasih mengingat seringnya bus ini lewat di depan perumahan saya.

6 comments:

  1. Pelayanan bus Jaya sangat amat sangat buruk maksimal..saya sekali naik bus ini kapok banget sumpah parah kondektur dan sopir ga sopan dan saya karna baru pertama ya diolok olok hanya karena kesalahan sepele saya bawa koper besar saat itu otomatis saya kasih di bagasi..ketika saya hendak turun kondektur dan sopir marah marah dan mengeluarkan kata kata tdk sopan karna menurutnya tdk seharusnya sy taruh koper saya di bagasi padahal waktu itu perjalanan lumayan jauh kondektur tdk mau buka jika tdk di terminal.. sangat amat tidak pantas dan mengecewakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Turut prihatin Gan. Semoga PO bersangkutan bisa meningkatkan pelayanan dan kenyamanan untuk penumpangnya.

      Delete
  2. Parah bus apaan, masa ke Ponorogo kena295.000

    ReplyDelete
  3. Mematikan rejekinya sendiri, yg udah pernah naik pasti kapok, ga akan naik bus jaya LG,

    ReplyDelete
  4. Pelayanan sangat buruk dan buruk
    1.perlu di tertibkan calo dan agen tiketnya soal harga
    Yang di permainkan seenak jidat,sangat tidak ramah dan kasar ketika menanyakan harga tiket yang tidak wajar

    2.tiket tidak semestinya tiket pada umumnya (print)/fotokopi

    3.target waktu keberangkatan-tiba tidak ada target,di pertengahan jalan masih mencari penumpang layaknya angkutan umum dalam kota.

    4.over all (pelayanan sangat buruk)

    Terimakasih

    ReplyDelete