Sejenak Mengurus Perpanjangan STNK Motor 5 Tahun di SAMSAT Kedung Cowek

Saya orang yang paling males sebenarnya berurusan dengan hal hal yang ribet dan bertele-tele, termasuk mengurus surat surat kendaraan bermotor. Untuk pembayaran pajak motor atau perpanjangan STNK 1 tahunan mungkin tidak menjadi masalah karena banyak layanan SAMSAT CORNER dan SAMSAT DRIVE THROUGH di wilayah Surabaya dan sekitarnya.

Bahkan sekarang untuk pembayaran pajak tiap tahunnya tersebut sekarang telah online di wilayah Jawa Timur. Jadi tidak masalah dimanapun kita bisa membayarnya, dengan catatan sepeda motor yang hendak diurus perpanjangan pajaknya harus  dibawa serta. Entah ini merupakan syarat mutlak atau bukan, nyatanya di SAMSAT Krian ketika saya mengurus di drive through nya selalu ditanya apakah motor yang diurus pajaknya dibawa serta atau tidak.

Tadi pagi saya dan istri serta si kecil pergi ke SAMSAT Kedung Cowek untuk mengurus perpanjangan STNK 5 tahunan sekaligus ganti plat nomer. Kebetulan KTP saya dan istri masih KTP Surabaya. Datang di lokasi tidak terlalu siang yakni sekitar jam 9 pagi. Bagi anda yang belum tahu lokasi Samsat untuk warga Surabaya bagian utara ini ada di jalan Kedung Cowek sebelah ujung hampir mendekati pintu masuk Tol Surabaya Madura.

Tempatnya tidak terlalu besar, bagian cek phisik dan parkir motor serta mobil ada di belakang sedangkan bagian administrasi utamanya ada di depan. Dan inilah urutan untuk melakukan perpanjangan STNK 5 Tahun:
1. Bawa langsung sepeda motor ke cek phisik yang ada di belakang, minta dulu formulirnya di petugas yang posisinya ada di sebelah kiri, INGAT formulir diberikan secara GRATIS….
2. Saat minta formulir siapkan KTP dan STNK, BPKB anda, setelah itu anda bisa langsung ke petugas bagian cek Phisik yang ada di tempat itu untuk minta digesek no rangka dan mesin pada kertas kuning yang ada di formulir. Kalau antrian sedang ramai anda wajib bersabar,  setelah digesek oleh petugas jangan lupa ucapkan terima kasih dan jangan lupa layanan ini GRATIS.
3. Setelah itu fotokopi berkas berkas seperti STNK dan KTP di tempat fotokopi yang letaknya di samping musholla, bilang saja mau perpanjangan STNK 5 tahun. Untuk fotokopi berkas ini anda dikenakan biaya tentunya, saya tadi lupa bertanya berapa kepada istri, mungkin 5 ribu rupiah saja.
4. Setelah berkas dan fotokopi lengkap anda kembali lagi ke bagian cek phisik yakni di loket sebelah kanan, serahkan saja map kepada petugas, duduk saja yang manis di kursi antrian dan tunggu dipanggil. Saya kurang tahu apa fungsi layanan di loket ini, yang pasti ini juga GRATIS.
5. Kemudian anda lanjutkan ke gedung administrasi yang ada di depan, di pintu masuk anda akan diberi semacam kartu atau keplek tanda pengenal oleh petugas sambil ditanya keperluannya mengurus apa. Dan ternyata keplek tersebut bertuliskan sesuai dengan apa keperluan kita. Saya lupa untuk mengambil foto keplek tersebut.
6. Lanjutkan proses dengan mengisi formulir di sisi sebelah kiri ruangan dimana terdapat anak anak SMK atau SMA yang magang, mereka akan dengan senang hati membantu anda. Jadi gak usah bingung atau ribet untuk bawa bolpen, pensil, orotan, tip ex dan lain lain. Angkat JEMPOL untuk hal ini hehehe.
7. Bawa berkas yang sudah diisi tersebut ke loket pendaftaran yang posisinya persis di sebelah kanan pintu masuk, di proses ini anda akan diberi nomer antrian sementara BPKB dan KTP anda dikembalikan petugas. Simpan baik baik karena dokumen penting itu sudah tidak dibutuhkan lagi di proses selanjutnya.
8. Duduk manis dan tunggu di kursi antrian di dekat loket 5, dengarkan pengumuman petugas jika nama anda dipanggil. Di loket ini kita akan dipanggil untuk membayar pajak motor, biaya pembuatan plat nomer baru 30 ribu, dan adminstrasi STNK baru sebesar 50 ribu. Kita akan menerima print out pembayaran tersebut.
9. Duduk manis lagi untuk menunggu panggilan dari loket disebelahnya, setelah dipanggil kita akan diberi STNK 5 tahunan dan pajak tahunan. Setelah itu kita dipanggil lagi untuk menunggu pencetakan plat nomer kendaraan. STNK tahunan baru kita diminta kembali saat proses tersebut. 
10. Tunggu kira kira 15 menit setelah itu jika antrian tidak terlalu panjang plat nomer baru kendaraan kita selesai dan diserahkan kembali STNK tahunan kita. Kurang lebih 1.5 jam saja keseluruhan proses pengurusan STNK 5 tahunan dan plat nomer motor baru saya dapat. Mungkin saja proses ini bisa lebih cepat atau lama tergantung banyaknya antrian. 

Keseluruhan saya puas dengan layanan SAMSAT di Kedung Cowek ini, sebagai warga negara yang baik urus segera pajak motor anda sebelum jatuh tempo. Baiknya diurus sendiri agar kita mengetahui sendiri prosesnya dijamin tidak ruwet dan belibet jika ada yang tidak mengerti tanyakan saja pada petugas.

4 comments:

  1. Mas kalau bpkb hilang apa bisa ganti stnk plus platnya? Suwunnn.

    ReplyDelete
  2. Mas kalau bpkb hilang apa bisa ganti stnk plus platnya? Suwunnn.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau itu saya kurang tahu Mas, mungkin harus laporan kehilangan ke polisi dulu setelah itu baru urus stnk nya

      Delete
  3. Mohon maaf mau tanya
    Untuk hari sabtu 23 Juni 2018 buka atau tidak ya
    Terimakasih

    ReplyDelete