Sekilas Melintas Bus Hasti di Bypass Krian



Andai saja bus ini tidak melintas di depan saya, saat saya dan si bungsu menikmati matahari sore di dekat warung apung Rahmawati Krian tentu saja ingatan tidak akan kembali ke era tahun 80 an dimana bus ini sempat merajai jalur Surabaya Kediri bersama bus bus lawas lainnya seperti Hafana, Surya Perdamaian, Sri Lestari, dll.

Bus ekonomi itu melintas di depan saya seolah penuh asa akan mendapat banyak penumpang agar dapur sopir, kondektur dan kenek dapat terus mengebul. Bus tua itu masih kelihatan segar karena polesan cat barunya, namun di beberapa titik goresan wajah tuanya tentu tidak dapat disembunyikan. Bus AC non ekonomi ternyata memiliki tujuan Surabaya ke Pare entah lanjut ke Kediri atau tidak itu terlihat di papan kecil di kaca depan sebelah kanan.

Terlihat tidak begitu banyak penumpang yang naik, di sisi kanan kiri bus dilengkapi dengan gordin kain, namun dengan semua sisi jendela nyaris terbuka. Tentu saja karena bus ini belum dilengkapi dengan pendingin udara.

Bus Hasti dari informasi yang saya dapat di internet memiliki garasi dan kantor di jalan Maoni kota Kediri. Armada bus besarnya sudah banyak berkurang karena dimakan usia dan tidak diremajakan hanya melayani jurusan Surabaya Kediri lewat Pare, sedangkan bus bus mediumnya masih banyak melayani rute Malang Jombang dan Kediri Malang.

Ini dia beberapa jepretan gambar dari bus Hasti yang sempat saya ambil dari kamera HP, semoga membangkitkan memori anda di tahun 90an tentang bus ini.





3 comments:

  1. terima kasih, tulisannya mengingatkan saya pada waktu kecil dulu, saya ngefans sekali sama bus ini setidaknya sampai detik ini. miris memang melihat kondisi armadanya tapi tidak mengurungkan niat saya untuk mencoba bus ini lagi

    ReplyDelete
  2. terima kasih, tulisannya mengingatkan saya pada waktu kecil dulu, saya ngefans sekali sama bus ini setidaknya sampai detik ini. miris memang melihat kondisi armadanya tapi tidak mengurungkan niat saya untuk mencoba bus ini lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks Mas Aries sudah membaca artikel saya, bus ini dulu seangkatan dengan Sri Lestari, Widji, Hafana, dll. Dulu moncong depan bus kebanyakan agak menjorok ke depan lain dengan sekarang yang hampir flat atau rata.

      Delete