Sekilas Mengintip Sisa Sisa Tiket Kereta Api Untuk Libur Natal dan Tahun Baru 2017


Kali ini saya hanya sekedar iseng menulis artikel ini, tidak seperti setahun tahun lalu dimana artikel saya “Kenapa Kok Susah Mendapat Tiket Kereta Api Lebaran 2015” sempat beberapa minggu menjadi yang teratas di mesin pencarian Google. Artikel tersebut saya buat sesaat setelah mendapatkan tiket kereta api lebaran tahun itu setelah melewati perjuangan yang berat dan berliku.

Memang saat ini PT KAI telah banyak berbenah, calon penumpang dipermudah untuk mendapatkan tiket kereta api yang diinginkan dengan berbagai cara, melalui cara konvensional yakni datang dan antri sendiri ke stasiun, membeli di toko swalayan yang kini banyak tersebar dimana, melalui website resmi PT KAI, melalui travel agen dan ticketing yang ditunjuk, dan melalui aplikasi di ponsel.

Dengan kemudahan tersebut, maka cara konvensional sudah mulai banyak ditinggalkan karena memakan waktu dan biaya untuk datang dan membeli tiket di stasiun. Kebanyakan orang yang membeli tiket di stasiun hanya bersifat GO SHOW atau membeli tiket kereta untuk keberangkatan hari itu. Karena menurut pengalaman saya memesan tiket di website resmi PT KAI adalah minimal kereta dengan keberangkatan 24 jam ke depan, artinya jika pagi ini kita coba pesan tiket lewat situs ini untuk keberangkatan kereta sore hari ini tentu saja tidak akan bisa, jika aplikasi di ponsel pintar kita dibatasi max 10 jam ke depan sebelum jadwal keberangkatan itu artinya jika anda pagi ini jam 5 hendak memesan tiket kereta untuk jam 10 malam atau 20.00 tentu saja masih bisa karena selisihnya masih 15 jam ke depan.

Lalu bagaimana halnya dengan tiket kereta api Libur Natal dan Tahun Baru 2017, saya sempat cek lewat aplikasi di ponsel pintar ternyata masih ada tiket kereta yang tersedia untuk jurusan Jakarta Pasar Senen ke Surabaya Pasar Turi pada tanggal 23 Desember atau hari Jumat dimana 25 Desember  2016 jatuh pada hari Minggu. Ya walaupun tiket kereta api yang masih tersedia adalah kelas ekonomi komersil alias tidak bersubsidi. Tentu saja harganya jauh berbeda dengan kereta api ekonomi bersubsidi hampir 2 kali lipatnya.

Lalu bagaimana halnya dengan tiket kereta api untuk akhir tahun 2016 atau tahun baru 2017 dimana tanggal 1 Januari 2017 akan jatuh pada hari Minggu, tentu saja orang orang akan memilih pulang berlibur ke kampung halaman masing masing pada hari Jumat tanggal 30 Desember 2016. Sesaat baru saja saya coba buka website resmi PT KAI ternyata tiket yang masih banyak tersedia baik itu tiket kelas ekonomi komersil dan non komersil namun anehnya beberapa menit kemudian website itu error.

Ya, seperti kebanyakan yang terjadi di setiap momen libur sekolah, libur hari raya mengakses situs penjualan tiket kereta api serasa mencoba menembus Firewall dari sebuah mainframe computer alias susahnya minta ampun. Mungkin saja karena diakses terlalu banyak orang menjadikan server down dan koneksi  terputus. Namun anehnya beberapa menit kemudian tiket tiket kelas ekonomi bersubsidi telah habis terjual. 

0 comments:

Post a Comment