Sejenak Ngobrol dengan Penumpang Travel



Alhamdulillah, sejak saya berinisiatif membuka usaha antar jemput atau travel dari bandara Juanda, Stasiun Gubeng dan Pasar Turi ada saja yang pelanggan baru yang sekedar bertanya atau akhirnya jadi untuk menyewa jasa saya. Ya, walaupun usaha ini awalnya iseng-iseng saja di sela sela kesibukan pekerjaan saya walaupun sebenarnya tidak sibuk sibuk amat.

Memang susah untuk mengawali sebuah usaha, namun segala usaha baru kita tidak akan tahu kesulitannya jika tidak diawali dengan dicoba dan dipraktekkan. Dulu berbekal promosi di BLOG kesayangan saya beberapa pelanggan bisa saya dapat. Namun karena blog tersebut akhirnya di SANDBOX oleh google akhirnya saya berinisiatif membuat blog ini untuk kembali menjadi wadah promosi usaha travel saya tersebut.

Persaingan di usaha ini sangat ketat terutama oleh transportasi yang dalam tanda kutip di monopoli oleh pihak bandara. Namun saya masih melihat sisi positifnya saja, coba diawali dan dijalani. Dan walaupun tidak rutin akhirnya saya bisa mendapatkan beberapa pelanggan di setiap bulannya, lumayanlah hitung hitung buat tambahan belanja istri.

Hari Minggu kemarin saya kebetulan mendapat pesanan untuk mengantar pelanggan dari bandara Juanda ke Stasiun Pasar Turi, setelah beberapa hari yang lalu chit chat kesana kemari dan mengobrol masalah tarif antar jemput mobil saya si pelanggan setuju untuk memakai jasa saya. Kebetulan pelanggan saya terbang dari Maumere ke Surabaya dan hendak melanjutkan kembali perjalanan dengan menggunakan kereta api dari stasiun Pasar Turi.

Setelah menunggu agak lama di luar area terminal 1 Bandara Juanda, akhirnya pelanggan tersebut menelepon saya dan mengabarkan bahwa dia telah berada di pool bus DAMRI terminal 1B. Segera mobil saya pacu masuk ke dalam area bandara, dan kurang dari 3 menit akhirnya sampai di tempat penjemputan.

Ternyata pelanggan travel saya adalah dua orang cewek yang barusan berlibur di rumah salah satu dari mereka di Maumere Nusa Tenggara Timur. Sebelumnya mereka telah memberitahu saya bahwa hendak membeli oleh oleh untuk teman dan keluarga mereka di Jakarta karena tidak ada oleh oleh khas dari Maumere yang bisa mereka bawa kecuali kopi. Ha baru saja mendapatkan ilmu dan informasi bahwa Maumere terkenal juga dengan kopi dan juga penghasil buah-buahan.

Berbekal dari informasi di internet saya ajak mereka mampir ke Pusat Oleh Oleh Khas Indonesia Cak Ning yang lokasinya masih di sekitar daerah Juanda tepatnya di sebelah RM Ikan Bakar Cianjur (IBC), saya sendiri baru tahu tempat tersebut juga pertama kali. Setelah menunggu agak lama sambil saya sholat Maghrib, akhirnya mereka selesai berbelanja oleh oleh yang dibungkus rapi dalam satu box karton, kita pun melanjutkan perjalanan kembali menuju stasiun Pasar Turi.

Di tengah perjalanan banyak obrolan-obrolan ringan yang terjadi hingga tak terasa akhirnya sampailah kita ke stasiun Surabaya Pasar Turi. Saya sendiri sebagai sopir merangkap pemilik usaha travel dan antar jemput senang sekali jika mendapat konsumen yang senang mengobrol dan bercerita sehingga tidak terjadi kecanggungan. Mudah mudahan mereka puas dengan pelayanan yang saya berikan dan merekomendasikan kepada teman temannya mengenai jasa antar jemput saya ini. Amien

0 comments:

Post a Comment