Sekilas Tips Naik Kereta Api Ekonomi Jarak Jauh


Kereta api sekarang menjadi moda transportasi darat favorit bagi masyarakat Indonesia. Pembenahan dalam PT KAI selama kurun waktu 5 tahun terakhir mengubah wajah dunia transportasi kita. Kereta api kelas ekonomi yang dulunya dipandang sebelah mata karena layanannya yang kurang nyaman dan bisa dibilang kurang manusiawi lambat laun berubah drastis.
Pemberlakuan peraturan baru yang ketat terutama dilarangnya pedagang asongan masuk ke dalam kereta dan area stasiun adalah salah satu diantaranya, lalu tidak dijualnya tiket tanpa tempat duduk atau berdiri didalam gerbong kereta menjadikan suasana didalam gerbong menjadi nyaman untuk penumpang yang melakukan perjalanan jarak jauh. 
Belum lagi adanya pendingin udara di setiap gerbong kereta ekonomi setidaknya ada 6 AC yang terpasang di tiap gerbongnya. Suasana dalam gerbong menjadi sejuk sehingga penumpang bisa tidur nyenyak selama perjalanan. 
Berikut adalah beberapa tips naik kereta api ekonomi jarak jauh:
1. Siapkan tiket boarding pass dan kartu identitas anda ketika hendak memasuki peron stasiun 
2. Bawa tas pinggang atau ransel kecil yang bisa anda bawa kemanapun untuk menyimpan dompet, hp,  charger dan power bank anda
3. Bawa serta bantal kecil atau bantal leher agar anda dapat tidur nyenyak di perjalanan
4. Bawa bekal air minum dan makanan yang cukup agar tidak bingung saat haus dan lapar,  didalam kereta juga dijual makanan dan minuman namun dengan jarga yang lumayan. Kereta juga tidak berhenti lama di setiap stasiun jadi anda tidak bisa berharap banyak membeli perbekalan di kala kereta berhenti
5. Bawa jaket atau baju lengan panjang karena hawa dalam kereta bisa sangat dingin saat malam hari
6. Bawa juga obat obatan seperti jamu tolak angin dan obat anti mabuk
7. Jika anda cukup pintar saat memesan tiket kereta anda tentunya memilih bangku kereta dengan 2 tempat duduk yakni di baris D dan E. Terlebih lagi pada nomer 1, 2, 23 dan 24 dimana ada space atau ruang kosong untuk sslonjor kaki anda jika memilih di baris D.
8. Ikat dan tutup rapat tas bawaan anda bila perlu kunci dengan gembok kecil,  masukkan barang berharga anda di tas kecil supaya bisa anda dekap saat tidur
9. Siapkan kondisi tubuh yang fit karena kereta api ekonomi jarak jauh biasanya di tempuh dengan lama waktu diatas 8 jam untuk Jakarta ke Jogjakarta dan 12 jam untuk Jakarya ke Surabaya serta 15 jam Jakarta ke Malang.
10. Jangan lupa berdoa sebelum anda berangkat

Semoga tips naik kereta ini bermanfaat bagi anda yang hendak melakukan perjalanan dengan kereta api untuk pertama kalinya.

0 comments:

Post a Comment