Sejenak Makan Siang di Sate dan Gule Kambing Domas Gresik



Entah sudah berapa lama saya tidak mampir ke tempat makan yang satu ini, lokasinya sebenarnya tidak terlalu jauh dari rumah mungkin hanya setengah jam perjalanan saja dari rumah saya di Krian. Terakhir di ingatan mungkin pernah makan di warung ini 5 tahun yang lalu bersama istri saya. Namun lebih sering bersama orang vendor atau pabrik yang menjamu saya untuk makan siang.

Entah apa nama warungnya, yang pasti orang hanya menyebutnya warung sate dan gule Domas itu saja sudah cukup dan orang di sekitarnya pasti akan tahu keberadaannya. Berada kurang lebih 1.5 km setelah perempatan Menganti yang mengarah ke Domas Gresik, warung ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Dengan jam buka mungkin sekitar jam 10 pagi dan tutup jika menu yang disajikan sudah habis, biasanya jam 4 sore warung sudah tutup.

Menu yang disajikan di warung ini berbahan dasar kambing, yakni sate dan gule serta kari. Yang membedakan sajian makanan di warung ini adalah bumbunya yang terkesan pedas bahkan untuk sate sekalipun padahal bumbu kacangnya tidak disertai sambal didalamnya. Dan khusus untuk gule nya, setiap porsinya dalam satu mangkok besar tidak berisi irisan atau potongan daging melainkan potongan daging beserta tulang-tulangnya.


Gule kambingnya memiliki kuah tawar alias tidak disertai dengan santan seperti gule kebanyakan, namun rempah rempah sangat terasa sekali apalagi rasa pedasnya anda akan dijamin berkeringat setelah memakannya. Sedangkan  sate kambingnya sendiri memiliki irisan yang lumayan besar, saya sendiri hanya mampu menghabiskan 5 tusuk sate kambing dan satu porsi gule serta nasi setengah porsi saja. Itupun sudah sangat memaksa di perut saya.

Dengan harga yang cukup terjangkau yakni untuk sate dan gule di kisaran 25 ribu ribu per porsi dan sate per 10 tusuknya. Anda bisa juga memesan sate tanpa lemak atau berisi irisan daging saja. Sedangkan untuk nasi dihargai tersendiri.

Anda yang sedang melintas dari arah Gresik hendak ke Krian atau dari arah Kedamean Krian mengarah ke Menganti, Cerme, Kepatihan dan sekitarnya tidak ada salahnya mampir ke warung sate dan gule Domas yang terkenal ini, dijamin anda akan puas dan ketagihan mampir ke warung ini lagi.

1 comment: